Alternatif Bisnis di waktu masa Pandemi covid-19

Alternatif Bisnis di waktu masa Pandemi covid-19

Di masa Pandemi Covid-19 ini banyak sekali saudara kita yang kehilangan penghasilan karena adanya pembatasan pembatasan ruang gerak dalam menjalankan bisnis terutama yang menjalankannya SECARA OFFLINE. Apalagi dimasa PPKM ini.

Berikut kita ulas alternatif yang harus kita lakukan secara ONLINE. Dengan melakukan secara Online sudah barang tentu kita menggunakan fasilitas online diataranya memiliki toko online, menggunakan Media Sosial, aplikasi online dan lain lain yang menggunakan fasilitas Internet.

Lagi lagi butuh modal bukan ? Jangan pesimis dulu saudaraku, masih banyak cara cara yang bisa kita lakukan dengan menggunakan fasilitas gratis. Seperti Toko Online, website personal, saudaraku bisa menggunakan fasilitas gratis yang diberkian oleh BLOGSPOT maupun WORDPRESS. Kalau media sosial rata rata GRATIS. Tinggal lagi bagaimana caranya. Insya Allah Jika saudaraku berkenan saya bisa memberikan tutorial tentang cara menggunakannya.

Ada juga yang mengeluh tidak punya modal danĀ  skill untuk membuat bahan bahan promo dan tidak punya produk untuk dijual, jangan khawatir, banyak sekali sekarang saudara kita yang menyediakan produk dengan sistem reseller. Tidak butuh modal, yang dibutuhkan hanya rajinnya kita melakukan posting di media sosial. Bagaimana cara memulainya ? saudaraku bisa membaca nya di link klik disini

Berikut beberapa ide pilihan Bisnis di masa Pandemi Copid-19 bagi yang sudah melakukan bisnis online

1. Produk Kesehatan
Pandemi Covid-19 mengubah pandangan hidup seluruh orang akan kesehatan. Kini, masker, sabun cuci tangan (hand sanitizer), dan spray antiseptik menjadi benda wajib yang harus dibawa kemana pun guna mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu, konsumen juga membidik produk vitamin yang mampu meningkatkan imunitas, baik produksi pabrikan atau farmasi maupun natural seperti madu.

2. Reseller & Dropshipper
Bisnis menjual kembali atau reseller dan dropshipper kian laris di masa pandemi Covid-19. Para agen reseller dan dropshipper menawarkan beragam produk, mulai dari kecantikan hingga makanan. Model bisnis ini sangat diminati lantaran tidak membutuhkan modal besar, tetapi berpotensi meraup keuntungan.

3. Jasa Pembuatan Konten
Banyaknya UMKM yang dibuka di tengah pandemi Covid-19 ternyata meningkatkan kebutuhan jasa pembuatan konten kreatif. Jasa ini ditujukan untuk membantu para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk secara gencar diberbagai platfom komunikasi, terutamanya media sosial.

4. Jasa Titip
Jasa titip atau jastip merupakan layanan di mana pelaku usaha menawarkan untuk membeli produk ketika konsumen tidak bisa membelinya secara langsung. Jastip bisa dilakukan di dalam maupun luar negri. Saat ini, bermunculan jastip kuliner dan barang sehari-hari lantaran konsumen ingin mengurangi resiko terpapar Covid-19.

5. Pelatih Kreatif
Banyak dari masyarakat yang tertarik untuk mempelajari keterampilan baru agar memiliki keahlian menjadi seorang pelatih kreatif atau creatif trainer. Pasalnya, sesi diskusi atau seminar umumnya digelar secara daring, menggunakan aplikasi video konferensi seperti Zoom, Mteams, Google Meets, dan lainnya.

sumber ( entrepreneur.bisnis.com )

Share this post

Post Comment